Biasakanlah Berterima Kasih pada Layanan Online Gratis

Layanan gratis, tentu banyak digandrungi oleh kita-kita apalagi jikalau kantong lagi cepak (istilah untuk rambut pendek alias tidak gondrong, atau untuk kasus kantong, berarti duit pas-pas-an atau mungkin gak punya duit). Baik dalam kehidupan nyata maupun di kehidupan lain sekalipun, semua yang gratis pasti menarik untuk didapatkan dengan segera. Kehidupan lain, maksudnya di alam lain? (hahaha....) Gak, kawan. Maksudnya di kehidupan lain ini, ya kehidupan sehari-hari di dunia online alias di internet.

Banyak layanan gratis dan berbayar namun semuanya selalu ada sebuah kompensasi logis yang harus anda dapatkan saat anda menggunakan layanan itu. Jika anda berbayar, tentu anda akan mendapat fasilitas, fitur dan kebebasan yang lebih dibandingkan dengan layanan gratis. Namun, dengan luasnya dunia internet. Layanan gratis tentu menjadi kata dominan dan memiliki daya tarik yang amat sangat dibandingkan dengan premium.

Bagi kita-kita yang berkantong tipis, atau sekedar ingin cari untung dengan pengeluaran sekecil-kecilnya, maka prioritas gratis selalu nomer satu. Apa saja sih layanan gratis yang ada di internet. Banyak, mulai sekedar bersosialisasi di dunia maya sampai dengan menonton film teranyar dengan kualitas terbagus sekalipun tersedia di internet.

Namun, terkadang pesan moral dalam menggunakan layanan internet sering tidak diindahkan oleh penggunanya. Terutama bagi pengguna layanan gratis. Ambil contoh download gratis macam situs hosting indonesia terkenal, seperti indowebster. Banyak yang memanfaatkan layanan itu, tapi sedikit sekali untuk berbuat sesuatu yang kecil tapi sangat berarti bagi layanan itu. Ya, sesuatu yang kecil itu adalah "terima kasih".

Apa sih wujud terima kasih yang bisa kita berikan buat layanan gratis itu. Banyak, mulai dari donasi (khusus bagi yang punya kelebihan duit) sampai dengan sekedar mengklik iklan. Ya, kawan. Mengklik iklan bukan hal yang susah bukan.

Memang, kalau berpikir ego, bisa aja kita berkilah bahwa mereka mendapatkan income dari jeri-payah kita mengklik iklan. Tapi, coba sekarang dibalik, bukannya kita yang menggunakan layanan mereka juga dapat sesuatu bahkan mungkin income dari jeri-payah mereka menyediakan layanan gratis?

Ambil contoh, saya sendiri sering mencari icon-icon gratisan untuk mendukung bisnis web saya dibidang aplikasi web yang tidak jauh dengan dunia disain juga. Aplikasi web yang saya buat dan kemudian saya jual, mendapatkan income puluhan hingga ratusan juta. Nah, apakah pendapatan saya tidak atas peran layanan gratisan macam icon gratisan yang saya download? Tentu berhubungan kan, kawan? Untuk itu tidak ada salahnya kita mulai membiasakan berterima kasih.

Eh kawan, aku punya artikel yang lain juga loh. Udah baca belum?

1 komentar: