Penipuan Berkedok Distributor Pulsa Elektrik Via SMS

Tulisan ini sebenarnya hanyalah reboot dari artikel saya sebelumnya yang berjudul SMS Penipuan PT Central Cell. Sengaja saya posting ulang, karena artikel tersebut sudah banjir komentar dari korban-korban yang sudah tertipu. Nilai kerugian sudah jutaan rupiah. Karena proses loading yang lama untuk membaca artikel tersebut, maka saya pun me-reboot atau bahasa generiknya, repost artikel agar teman-teman lainnya yang belum tertipu bisa segera bertindak sebelum terjadi kerugian lebih besar lagi.

Berikut isi dari artikel tersebut, semoga bermanfaat.

Sebelum anda melanjutkan membaca artikel ini, hentikan segala aktifitas transfer yang akan anda lakukan setelah menerima SMS adanya penawaran agen pulsa dengan harga 4500, 8500 dan sejenisnya.

Saya semalam mendapatkan SMS yang mengatasnamakan PT. CENTRAL CELL, dimana isi SMSnya adalah berupa penawaran agen pulsa elektrik dengan harga yang boleh dibilang, terlalu miring. Berikut ini detail SMS yang dikirim menggunakan Nomer 081998377179.

"KAMI DARI PT.CENTRAL CELL Cari agen M.KIOS all operator V.5=4500 V.10=8500 V.20=18500 CARA PENDAFTARAN ketik: DAFTAR.NAMA.KOTA.NO HP# Kirim ke: 085341122822"

Meski saya gak mudah percaya, tapi jujur saja, iklan tersebut cukup menarik minat saya. Apalagi saya juga pengusaha server pulsa elektrik, yang sekali lagi jujur saja, saya pun gak dapat harga segitu.

Tapi iseng sih saya coba untuk mendaftar. Saya mendaftar SMS tersebut sekitar pukul 22.00 dan fakta-nya, SMS saya tidak langsung mendapatkan reply "SMS Terkirim", yang artinya nomer tujuan tersebut tidak dalam posisi stand-by/online.

SMS pendaftaran saya baru dibalas pada pukul 05:36 keesokan harinya. Pikir saya, hmm... ternyata orang ini rajin juga bangun pagi. Okelah, berikut isi SMS balasannya.

SMS Ke-1 dikirim dari 085341122822: "Selamat Nomor Anda Telah Terdaftar Dengan ID (SEN.5201) PIN:1234 INFO/Hub: 021-30009000 untuk info lengkap Ketik: INFO Kirim Ke 085341122855"

Saya pun mengikuti petunjuk SMS tersebut. Saya kirim SMS berisi INFO. Dan berikut ini adalah balasannya.

SMS Ke-2 dikirim dari 085341122855 (a2): "INFO HARGA: Pulsa,ISI''ULANG M.KIOS simPATI-AS-MENTARI-IM3 STARONE XL-FLEXI-AXIS, 5,ribu=4500 10rb=8500 15rb=12000 20rb=18000 25rb=23000 50rb=45000 100rb=90000"

SMS Ke-3 dikirim dari 085341122855 (a3): "KODE PRODUK:S=simPATI A=AS M=MENTARI I=IM3 X=XL F=FLEXI SO=STARONE Cara Trangsaksi isi ulang pulsa Contoh Ketik: S10.081234567899.1234 kirim ke (085696508799)"

SMS Ke-4 dikirim dari 085341122855: "Untuk pembelian saldo awal all operator Minimal Rp:100.000,Saldo awal Anda diaktifkan,setelah pembayaran DEPOSIT sudah di Transfer. INFO hub CS: 085696508799"

SMS Ke-5 dikirim dari 085341122855: "INFO: Untuk Rekening Tujuan Pembayaran DEPOSIT ketik: BANK INFO: Untuk alamat kantor PT.SENTRAL CELL ketik: KANTOR kirim ke 085696508799"

Kemudian saya ketik DEPOSIT ke nomer 085696508799, dan balasannya adalah sebagai berikut:

SMS Ke-6 dikirim dari 085696508799: "Nama: LUKMAN HAKIM Rek:0672.01.003137.508 BRI. Sesudah transfer ketik: K.Sudah Transfer.JUMLAH.KODE ID. Kirim ke 085696508799"

Saya juga mengetik KANTOR ke nomer 085696508799, dan balasannya adalah sebagai berikut:

SMS Ke-7 dikirim dari 085696508799: "Kantor pusat "CENTRAL CELL" PLAZA SEMANGGI Lt.2 No.32, Blok B 144-145, Jln. Jend. Sudirman Kav 50, JAK-SEL. Tlp: (02130009000) (085696508799)

SMS Ke-8 dikirim dari 085696508799: "DEPOSIT yang PELANGGAN harus kirim Rp.100.000 rb bisa melalui ATM,BANK setelah DEPOSIT sudah terkirim maka PELANGGAN suda bisa transaksi jual PULSA "

Coba perhatikan baik-baik SMS-SMS balasan tersebut. Pada SMS Ke-1, terdapat kata "Selamat". Kata ini biasanya digunakan pada SMS Hadiah (penipuan/tidak). Untuk pendaftaran berhasil seharusnya cukup dengan kalimat "Pendaftaran BERHASIL/SUKSES". Hal tersebut sih cukup janggal, tapi boleh lah.

Pada SMS Ke-2, terdapat kata "Pulsa,ISI''ULANG M.KIOS". Cukup aneh dengan keberadaan koma, dan petik ganda serta penggunaan huruf kecil/besar yang menurut saya tidak wajar. Kemudian penggunakan "M.KIOS" untuk mewakili semua operator, sangat tidak mungkin, karena M.KIOS adalah chip milik Telkomsel yang cuma bisa melayani nomer simPATI dan Kartu As. Coba lihat juga kalimat "AXIS, 5,ribu=4500 10rb=8500", terdapat penggunaan kata yang tidak konsisten untuk menulis "5,ribu" (ada koma) dan "10rb"

Pada SMS Ke-3, kata "Cara Trangsaksi isi ulang", lihat pada kata "Trangsaksi", kalimat ini bukan saya yang salah ketik, karena semua SMS tersebut saya salin di blog ini apa adanya termasuk spasi, huruf besar kecil dan kesalahan-kesalahan tulis lain yang terkandung di dalamnya.

Pada SMS ke-5, pada kata "kantor PT.SENTRAL CELL ketik". Mungkin si pengirim lupa dengan nama perusahaannnya yang seharusnya PT Central Cell (pake "C" bukan "S")

Pada SMS ke-8, selain pilihan kata-katanya aneh dibaca, pada "kirim Rp.100.000 rb bisa melalui ATM,BANK" sudah mengetik "100.000" kenapa pake akhiran "rb" dan kata "ATM,BANK" kenapa ada koma? Gak wajar kan? Dan sekali lagi ia mengatakan "M-KIOS" untuk pulsa All Operator

Dan yang paling fatal adalah penggunaan nomer pusat layanan 085696508799 (khususnya SMS ke-3 dan SMS ke-4). Perlu diketahui, sebuah server pulsa adalah sebuah mesin yang bekerja secara otomatis dengan menggunakan perangkat modem dan komputer. Jika nomer tersebut digunakan sebagai nomer Hot Line CS, otomatis CS harus mengangkat hp yang memiliki nomer tersebut untuk menerima kontak/berbicara dari pelanggan, yang otomatis bisa mengganggu kinerja server dalam menerima permintaan SMS pengisian pulsa. Apalagi server pulsa saat ini kebanyakan menggunakan USB Stick Modem yang tidak bisa digunakan untuk panggilan (hanya bisa SMS dan koneksi internet). Jadi kalau seandainya USB Stick Modem yang digunakan, mana mungkin CS-nya bisa mengangkat telepon dari kita (penggunakan kata "hub" yang artinya "hubungi" dan bukan menggunakan kata "SMS only")

Meskipun begitu, saya akui, si pengirim mencoba seprofesional mungkin untuk tidak menimbulkan kecurigaan bagi calon pelanggannya (yang akan ditipunya). Mulai SMS ke-2 sampai ke-8, reply SMS tergolong cepat, yang berarti bisa jadi dikendalikan oleh komputer atau bisa juga memang ada orang atau nomer yang sudah standby dirancang menjawab pertanyaan dari format SMS yang dikirimkan. Coba perhatikan urutan SMS ke-1 sampai ke-8, SMS tersebut seperti menuntun anda untuk mengirim ke nomer yang berlainan secara berurutan. Jadi ada alur yang sengaja dirancang oleh pengirim.

Dia pun menggunakan format umumnya SMS server pulsa agar tidak terlalu mencolok perbedaannya dengan server pulsa kebanyakan. Berikut ini format SMS server pulsa kebanyakan adalah

K.Isi Pesan : digunakan untuk komplain
S.PIN : digunakan untuk mengecek sisa saldo deposit pulsa
KodeVoucher.NoHP.Pin: digunakan untuk format pengisian pulsa, contoh: S10.081234567899.1234

Saya pun mencoba mengirim format "S.PIN" untuk mengecek saldo dan ternyata tidak ada respon. Harusnya kan ada mesiki cuma informasi "Saldo Rp0" atau sejenisnya. Kemudian saya mencoba mengirim SMS Pengisian, ternyata juga tidak ada respon, harusnya kan ada informasi "Saldo tidak mencukup" atau sejenisnya. Padahal jika memang sebuah server pulsa, format tersebut bisa langsung direspon, apalagi disebutkan bahwa saya sudah aktif, hanya belum memiliki saldo deposit alias deposit saya masih Rp0 (nol)

Ya, sebagai pebisnis, kita juga harus bisa mengenal profil mitra kerja kita selengkap-lengkapnya. Karena saya berlokasi di Surabaya, saya pun memanfaatkan internet untuk mencari tahu tentang informasi PT Central Cell ini yang mengakunya berkantor di Jakarta. Saya pun langsung mengetik kata "CENTRAL". Eh, belum lengkap kata kunci yang saya masukkan, Google sudah memunculkan Suggest Word-nya "CENTRALL CELL". Yang artinya, kata ini cukup populer dicari sebagian besar orang di Internet. Yang berarti relevansi terhadap artikel yang tersedia di internet pun juga cukup banyak. Meskipun begisu, saya sih tidak membaca semuanya satu per satu. Tapi ada satu artikel yang memberikan fakta tentang keberadaan alamat tersebut yang ternyata adalah alamat kantor Telkomsel dan TiPhone. Dan ternyata alamat rekening yang digunakan oleh pelaku berubah-ubah. Hal ini cukup memperkuat fakta bahwa PT Central Cell adalah salah satu modus penipuan berkedok Distributor Pulsa Elektrik.

Berikut ini rangkuman fakta-fakta yang mengindikasikan bahwa SMS PT Central Cell adalah Penipuan
1. Harga terlalu miring
2. SMS menggunakan format, tapi reply-nya tidak otomatis (terjadi pada SMS pendaftaran)
3. Terdapat kata "Selamat" pada reply SMS pendaftaran
4. Percobaan pengisian pulsa, tidak mendapatkan SMS balasan apapun
5. Percobaan pengecekan saldo, tidak mendapatkan SMS balasan apapun
6. No Rekening yang digunakan berbeda-beda (dengan artikel lainnya di blog-blog lainnya)

Kesimpulannya adalah meski saya tidak dapat memastikan 100% tentang penipuan ini, tapi fakta-fakta di atas sudah cukup membuat saya untuk tidak mempercayai-nya. Kalaupun anda percaya dan ingin melanjutkan bertransaksi/bermitra dengan PT Central Cell tersebut silahkan saja (tapi bukan atas rekomendasi saya). Dan kalau ternyata terbukti penipuan, ya mungkin anda bisa memberikan komentar di sini sehingga bisa memperkuat dugaan bahwa PT Central Cell melakukan penipuan berkedok agen pulsa elektrik. Meskipun mereka bisa menipu lagi dengan menggunakan nama perusahaan yang berbeda.

Dan bagi anda yang ingin membuka bisnis di bidang yang sama, sebaiknya anda tidak menggunakan nama PT Central Cell, karena nama ini sudah cukup populer dengan penipuan. Kecuali anda ingin bekerja keras memperbaiki citra nama usaha ini.

Berikut ini referensi link terkait bentuk-bentuk SMS dan rekening-rekening yang dipakai dan berbeda-beda, dimana hal tersebut menunjukkan rekening tersebut miliki orang lain yang dipakai sementara agar tidak mudah diidentifikasi oleh pihak kepolisian.


Komentar ini di-moderasi, jadi setelah anda publish, tidak akan langsung muncul di daftar komentar. Hal ini saya lakukan agar tidak ada pihak2 yang melakukan spam/beriklan tanpa seizin saya. Terima kasih!

Komentar pilihan:
Komentar ini saya pilih karena teman kita ada yang membutuhkan share teman2 terkait distributor pulsa bernama Fajar Cell. Buat teman2, mohon bantuannya, terima kasih

  1. Agan" tolong ini di Cek ya... Fajar Cell Alamat : ROXI MAS,JL.KH.HASYIM ASHARI BLOCK A2. KAV I. NO 27/28/29.JAKARTA PUSAT-10259 Tlp Cs : 021-3849977 0823-2533-3488 pda saat itu dia blang Saldo awal minimal 100 ribu,saat itu aq tergoda karna harga yg murah,truz aq transfer ke Rek nya 150 ribu,dan aq tlpon Cs nya,dia blang Saldo anda skrg adlah 100 ribu.lho kemana 50 nya ? dia blang 50 nya akan di jadikan sbagai jaminnan dan akan di kembalikan dgan cara di tambah lngsng dgan pengisian saldo selanjutnya. ud 3 kali Transaksi aq memang Lancar,karna aq bru 1 hari mendaftar... Jdi bwt tman" tolong di beri tanggapan atas smua ini ? apakah ini penipuan atau murni berdagang ? mohon bwt yg ud punya pengalaman tolong di jawab ya... Terima kasih ^^


(Database update 20-06-2012)

23 komentar:

  1. saudara ext avatar, saya mengalami hal yang sama dengan Anda. Setelah melihat komentar-komentar di postingan admin yang sebelumnya, http://jurnal-firman.blogspot.com/2011/01/sms-penipuan-pt-centrall-cell.html, saya rasa itu penipuan -_________-

    astaghfirullah :'( sungguh bener-bener nyesel begitu lihat harga miring asal transfer aja tanpa googling atau cari-cari info terlebih dahulu. baru ketika merasa ada yang tidak beres (seperti saudara henny, saldo kelebihan satu enol dan diblokirlah saldo deposit saya dengan semena-menanya dan diminta mentransferkan kembali Rp 1.500.000,00 untuk membuka pemblokiran tersebut, apa-apaan, siapa yang salah siapa yang harus transfer-transfer), baru saya googling dan menemukan artikel ini dan beberapa artikel serupa dan barulah saya sadar bahwa mungkin saya merupakan korban penipuan yang entah keribuan sekian, kejutaan sekian kalinya, atau bahkan lebih dari itu mengingat beberapa artikel yang saya temui telah diposting lebih dari setahun yang lalu. Membaca artikel-artikel serupa ini cukup membuat saya terpukul mengingat Rp 750.000,00 yang sudah saya transferkan. Namun saya sangat berterimaksih pada rekan-rekan yang telah mengshare artikel semacam ini karena bagaimanapun, walaupun menyesakkan, artikel ini mampu menjawab kegalauan saya akan apa yang harus saya lakukan, kembali menstransfer ataukah tidak. Setidaknya saya belum sempat mentransfer kembali.

    Masalah uang Rp 750.000,00 yang sudah pernah saya transferkan, walau dengan berat hati mungkin masih bisa saya relakan jika memang benar-benar tidak dapat saya terima kembali dari pihak yang mengatasnamakan PT CENTRAL CELL”PLAZA SEMANGGI Lt2,NO.32,BLOK.B 144 145,JL.JEND.SUDIRMAN,KAV.50,JAK-SEL, telepon (021-3867777) (085696758777)". Namun sungguh saya belum bisa terima ditipu begini dan sang penipu mungkin saja bakalan berhasil menipu entah berapa ribu korban lagi jika dibiarkan saja seperti yang sudah berlalu lebih dari setahun ini. Ini perlu dibereskan. Masak sudah sejak januari 2011 yang lalu ada yang sharing seperti ini hingga sekarang, juni 2012 masak masih saja ada yang tertipu dengan pengatasnamaan yang sama. Tidak adakah tindak lanjut yang berarti dari pihak yang berwenang selama setahun itu?

    Atau mungkin artikel-artikel demikian ini tak pernah terlihat oleh pak-pak polisi? Ah tapi yang jelas ini harus dibereskan. Nggak boleh dibiarkan. Saya ingin sekali menjadi salah satu yang turut serta dalam penyelesaian masalah ini. Sayangnya saya belum tahu langkah apa saja yang harus saya ambil. Baru kali ini saya mengalami penipuan semacam ini. Adakah dari teman-teman yang bisa membantu saya (dan kami juga kita) menentukan solusinya? Jika memang harus melapor ke polisi, kantor manakah yang kiranya paling tepat didatangi agar pengusutannya benar-benar terlaksana dengan baik? Atau ada cara lain yang lebih efisien yang dapat dilakukan? Sungguh, bantuan dari teman-teman, saudara-saudara pembaca artikel ini akan sangat berarti bagi saya (dan mungkin kami juga kita).

    *bukankan-keadilan-harus-ditegakkan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo kalo mau lapor...Ini saya juga ketipu tapi saya sudah buat laporan

      Hapus
    2. Iya gan ini saya juga kena tipu tapi saya sudah buat laporan

      Hapus
  2. izin copas .... gan! untuk share info ...

    BalasHapus
  3. Saya juga sdh daftar tapi alamatnya di Kebayoran Baru, isi reply smsnya sama saja dengan sms diatas, nomor pin juga sama 1234.
    Setelah saya pelajari saya tertarik juga untuk stor saldo tapi satu yang saya ragu kalau saya jual pulsa ke nomor berapa saya kirim smsnya?, saya kirim sms untuk menanyakan nomor berapa untuk jual/transaksi pulsa tapi sdh 2 hari ini tidak di balas balas.
    Iseng2 lagi brosing saya dapatkan artikel ini.

    Terima kasih saya tidak sampai tertipu.

    BalasHapus
  4. sekarang sudah sangat banyak penipuan berkedok pulsa murah gan melalui sms dia promosikan pulsa nya, jadi kalo menerima sms gitu gak ush di respon dan dipercaya langsung hapus aja dari kotak masuk.

    BalasHapus
  5. tlg cari tau dong tentang agen pulsa yang mempunyai alamat web www.centralcellone.blogspot.comalamat kantor kebayoran lama lt 2 no.27blok b kav 17 gedung perkantoran jakarta benar ndak alamat ini atau ini agen yang berkedok penipuan terima kasih

    BalasHapus
  6. saya pngen daftar gan, tapi ragu, no.nya 082325519222, tlong di cek ya penipu ato asli,, ditunggu,, 8)

    ngomong2 kalo rizky-cell.blogspot.com asli ga yach?? hmm,, ditunggu nih,,

    BalasHapus
  7. Kalau agen pulsa Fadel Cell KANTOR ROXI MAS JL.KH.HASYIM ASHARI BLOK A2.KAV 1 NO 27-29 JAKPUS-10259 karena ada dikirim via sms jg itu apa benar?mhon tanggapannya

    BalasHapus
  8. saya juga pernah menjadi salah satu korban penipuan, pada tahun 2011 lalu, waktu pulang dari tempat kerja ada sms masuk bentuknya sm dg yang diatas,...
    cm lupa sm nama agen Pulsanya,...
    Alamatnya juga di daerah semanggi lantai 2,
    Pertama waktu sy mendaftar, selang 1 jam baru ada reply sms dr centernya bahwa pendaftaran berhasil, kemudian untuk bisa menggunakan harus saldo awal 100rb, uda tak transfer, kemudian dicoba buat ngecek saldo ternyata Rp.0
    Sy sms lg sm operatornya
    Kemudian dibalas katanya yg Rp. 100 buat biaya pendaftaran, untuk bisa melakukan transaksi harus transfer lagi Rp. 500rb,
    Kemudia sy transfer lagi 500rb, setelah dicek saldonya ternyata berjumlah Rp. 5jt.
    Sy kaget kok bisa 5jt padahal sy transfer 500rb.
    Keesokan harinya operatornya bilang anda harus menyetor 5jt lg untuk bisa melakukan transaksi, sy bls smsnya kan sy uda setor 500rb kenapa jadi 5jt, katanya itu kesalahan server, sy bilang saldonya suru kurang jadi 500rb, blsannya katanya tidak bisa itu uda ketentuan dari ketua, saldo yg sudah masuk tidak bisa ditarik lagi..
    Dia terus memaksa untuk mentransfer 5ju dan dapat dicicil selama 3kali,...
    Sy sudah merasa tertipu...
    Tapi sy terus bilang diaktifkan dl nanti hasil dari penjualannya saya transfer lagi, untuk memenuhi yg 5jt, operatornya bilang tetep tidak bisa, harus nyicil 2jt du baru bisa melakukan transaksi,
    Dari itu saya sudah pasrah dan sedikit ada rasa jengkel dan menyesal sudah reply sms tersebut,.
    Tapi saya tidak ridho sy sudah tertipu biar tuhan yang balas smuan perbuatan para penipu tersebut...
    mungkin saya sudah masuk prangkap penipuan berkedok agen Pulsa,..
    Sejak itu kalau ada sms berkedok agen pulsa langsung saya dellete.

    Sekian curhat saya semoga bermanfaat...

    BalasHapus
  9. thanks Info saya juga baru 2 hari ini dapat sms seperti itu,, jujur saya tergiur dengan harga dasarnya.... untung belum sempat mentransferkan uangnya... sekali lagi terima kasih atas infonya

    BalasHapus
  10. Gan saya minta tolong saya juga dapet info pulsa yang ini malah lebih murah gan pulsa 5 = 4
    pulsa 20= 15
    nah ini nomornya gan 082347907778 dan 021 4082 4495 alamatnya di jl.kh hasyim ashari blok a1 kav 1 no 27/28/29 roxi mas jakpus 10259. tolng bantuannya gan beneran nggak itu. soalnya kasusnya sama pas saldo saya masih 0,00 saya coba cek tidak dibalas.

    BalasHapus
  11. wah fajar cell kok alamatnya sama persis dengan prima pulsa yg kayaknya menipu saya ni 6 juta uang saya hilang ga bisa balik lagi anjing lho cari makan dengan nipu dasar maling....blokir aja web nya di www.pulsa prima

    BalasHapus
  12. saya mendapat sms dr no 085236553499. isinya saya mendapat hadiah toyota yaris dan saya di minta untuk melihatnya di www.gemerlap-mkios.webs.com. dan memang benar pin saya ada di situ. yg saya mau tanya itu penipuan atau bukan yah? tolong infonya

    BalasHapus
  13. dulu saya juga dapat sms begituan sob, cuma saya gk daftar . .
    untung baca blog ini, jadi tau deh . .
    makasi ya

    BalasHapus
  14. Saya jg tertipu, awalnya ada sms masuk yg mengatakan pulsa murah,, iseng sy mendaftar,, kemudian ada sms yg mengatakan kalo sy harus deposit 100.000, sy transfr uangnya, depositnya memang masuk,, tp cuma 25.000 yg bs d gunakan,, sisanya baru bs d pakai setelah saya d suruh mentransfer 700.000 lg,, untung saya membaca blog ini,, jd saya baru sadar kalo saya sdh tertipu..untuk pelaku, biarlah Allah SWT yang membalsnya.

    BalasHapus
  15. hati-hati ada sms penipuan bagi para agen pulsa. penipu bilang minta diisi 20 nomor @100 ribu. Tapi setelah ditransfer, penipu menghilang. biasanya dia mengaku sebagai teman atau saudara yang mengenal kita.

    BalasHapus
  16. Thanks gan , sangat membantu informasinya....
    Sering banget dapet sms dari globalcell untung baca artikel ini :-D

    BalasHapus
  17. Wah saya baru saya tertipu oleh "RESKY CELL"
    500RB MELAYANG😔😅😭

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener mba? Saya juga baru aja ketipu sm resky cell kayanya. Saya disuruh trf 3jt masa. Bener ua resky cell itu penipuan?😭😭😭

      Hapus
  18. Thanks ya gan ,maunya tadi aku mau transfer ,tapi gk bleh ama ibu gw ,trus gw coba cari di intetnet ternyata bener penipuan ,NAMANYA FAJAR CELL ,untung gw belum transfer

    BalasHapus
  19. Thaks agan semua atas infonya..soalny saya baru saja dpat sms dari resky cell

    BalasHapus