Kenapa Harus Susah-Susah Bekerja Sendiri?

Seri: Wirausaha

Membaca artikel ini jika dibandingkan dengan tulisan saya sebelumnya yang bertajuk "kenapa susah-susah bekerja ikut orang", seakan menjadikan citra plin-plan atas arah artikel yang ingin saya publikasikan ke teman-teman pembaca. Tapi bukan begitu arah artikel kali ini.

Justru artikel ini lebih mempertegas bahwa dengan menggali potensi anda pada usia produktif seperti yang saya jelaskan pada artikel sebelumnya, ditambah dengan apa yang akan saya jelaskan pada artikel kali ini justru akan membawa kecenderungan ke arah keberhasilan anda lebih cepat.

Menggali potensi, itu memang dasar kekuatan dari berwirausaha. Anda bisa saja tetap bekerja ikut orang sambil menyandingkan dengan berwirausaha di balik sisa waktu anda. Ibarat kata sebagian orang, pendapatan rutin tetap ajeg, pendapatan tambahan pun ikut menopang. Alih-alih, jika terjadi ketimpangan dimana bisnis wirausaha kita terjadi penururan, paling tidak kita tetap aman dengan pekerjaan tetap kita lainnya yang ikut orang.

Mind-set di atas memang banyak juga dijadikan prinsip untuk sebagian orang. Namun, prinsip ini tidak bisa dibenarkan, namun juga tidak bisa disalahkan. Justru dengan membangun energi seperti itu, anda seakan-akan menjadikan bisnis wirausaha adalah profesi yang dijalankan setengah-setengah. Padahal, kunci sukses wirausaha adalah idealisme, kreatif dan fokus. Untuk kunci fokus ini sangat penting, karena dengan fokus otomatis akan membawa kita ke arah tekun dan giat bekerja. Jika anda tidak fokus, yang berarti anda sama aja dengan bekerja setengah-setengah, maka hasilnya pun tentu tidak jauh dengan setengah-setengah pula.

Nah, jika kembali ke judul artikel ini, energi dalam berwirausaha hanya bisa anda percepat dengan berpatner dengan teman yang berpandangan sama dan juga berpotensi tidak jauh dengan anda. Yang dimaksud tidak jauh adalah, bukan berarti harus punya keahlian yang sama. Justru, jika anda bersinergi dengan teman se-keahlian, diferensiasi bisnis anda tidak akan berbeda dengan kebanyakan. Tapi juga tidak ada salahnya sih. Bingung ya?! hehehe...

Maksudnya gini, seandainya anda berprofesi dengan teman yang tidak se-profesi, dengan kunci kreatif, anda bisa mengkolaborasikan dua profesi ini menjadi sebuah profesi baru, sehingga mewujudkan sebuah ide bisnis yang unik. Namun, dengan teman seprofesi pun, selama anda dan rekan anda kreatif, tentu bukan masalah untuk bisa menciptakan ide unik bisnis anda.

Okay, bro?!

Hai Kawan, Udah baca artikelku tentang wirausaha yang lain belum? Lumayan menarik loh.

0 comments:

Posting Komentar