Cara Agar Website Cepat di-index Google

Setiap kita mempublish sebuah halaman baru seperti misalnya artikel, akan membutuhkan waktu sampai akhirnya artikel tersebut bisa muncul di halaman pencarian google. Bisa jadi waktu yang dibutuhkan relatif cepat, bisa juga lebih lama. Hal tersebut terjadi karena google menerapkan sistem merayapi suatu dokumen, sampai akhirnya ada dokumen lain yang merujuk ke halaman baru yang kita buat.

Karenanya, google membutuhkan waktu sampai menemukan dokumen yang merujuk ke halaman baru tersebut. Apabila halaman utama kamu, selalu dikunjungi robot google setiap hari, kamu bisa memanfaatkannya dengan memasang link di halaman utama-mu, sehingga google dapat menemukan halaman baru tersebut.

Namun apabila kamu merasa halaman baru yang kamu buat ingin segera di-index oleh google, kamu bisa menggunakan produk google bernama Google Search Console untuk memberi tahu google agar segera di-index.

Cara menggunakan Google Search Console adalah sebagai berikut:

1. Kunjungi Google Search Console melalui link berikut ini https://search.google.com/search-console atau kamu bisa mencarinya dengan kata kunci Google Search Console

google search console

2. Daftarkan domain kamu dengan memilih menu "Add Property"

3. Selanjutnya muncul dialog bagaimana google memverifikasi kepemilikan domain kamu. Ada 2 cara, melalui Domain ataupun URL Prefix. Pilih salah satu yang menurutmu bisa kamu lakukan. Kalau saya lebih memilih cara URL Prefix. Dimana kamu cukup mendownload sebuah file, dan upload ke lokasi root dimana web kamu berada, contohnya: https://example.com/file-verification.html

4. Lanjutkan ke langkah berikutnya. Sampai google berhasil memverifikasi domain kamu.

5. Setelah itu, kamu harus menunggu sekira 48 jam, sampa data di Google Search Console muncul, yang artinya Google sudah mendatangi dan mengindex website kamu.

Sampai sini sebenarnya kamu sudah berhasil membuat google segera meng-index website kamu. Namun, untuk artikel baru, kamu bisa menggunakan google search console untuk memberitahu google ada halaman baru yang harus di-index. Berikut penjelasannya.

Cara menggunakan Google Search Console untuk halaman baru adalah sebagai berikut:

1. Masuk Google Search Console

2. Jika kamu memiliki lebih dari 1 property, pastikan kamu memilih property yang sesuai dengan lokasi URL yang akan kamu daftarkan.

3. Salin URL dari halaman baru kamu, kemudian paste di kotak pencarian Google Search Console.

4. Tekan Enter, dan Google akan mencari di database mereka terkait URL tersebut.

5. Jika sudah berhasil ter-index, maka Google akan menampilkan informasi hasil rayapannya.

6. Jika tidak ditemukan, kamu cukup mengklik tombol Request Index.

7. Setelah berhasil mengklik Request Index, kamu perlu menunggu sampai waktu yang tidak bisa kita tentukan. Jadi harus kita lakukan cek secara berkala.

Cara mengecek URL baru sudah terindex Google

1. Masuk ke halaman pencarian google.com

2. Pada kotak pencarian, ketik:
site:example.com http://urlkamu.com/halamanbaru.html

3. Jika sudah muncul, berarti sudah berhasil di-index oleh google

4. Jika belum, kamu bisa mencoba mengulangi cara mendaftarkan halaman baru di atas. Perlu diingat, melakukan spamming request index tidak disarankan. Namun jika setelah beberapa hari, tidak muncul di halaman pencarian, kamu bisa merequest kembali.

Itulah cara menggunakan Google Search Console untuk mempercepat Website kamu di-index oleh Google.

0 comments:

Posting Komentar