Pete-pete, Angkot Semua Jurusan

Artikel Bebas: Trip to Makassar

Makassar, Begitulah kira-kira gambaran angkot di kota makassar. Untuk diketahui, angkutan kota terutama di pusat kota makassar, cuman ada taxi, lyn atau biasa disebut pete2, kemudian becak dan bentor. Kereta ga ada, katanya supir taxi sih, karena dulunya gak pernah diduduki belanda pas jaman penjajahan (emang apa hubungannya, anda pikir sendiri lah). Bis, cuman ada untuk antar kota sajah.

Ada yang unik dari pete-pete ini. Warnanya, sekali lagi warna untuk semua pete-pete adalah biru muda. Semua, sodara-sodara! Penekanan ini memang perlu untuk anda yang biasa tinggal di kota Surabaya seperti saya dan baru pertama kali datang di Makassar. Biar gak kaget gituh!

Untuk pete-pete, tidak ada jurusan yang pasti, karena saya sendiri 1 bulan disini dan jadi pelanggan pete-pete juga gak bisa nginget rute mereka (bagi orang makassar, kalo saya salah, mohon dikoreksi ya).

Saat anda mau naik angkot, biasakan tanya apakah si angkot lewat jalan tujuan anda. Sebenarnya angkot di makassar itu sudah ada jurusannya dan sudah dibagi dengan kode-kote tertentu agar mudah diingat. Namun, entah bagaimana ceritanya, yang jelas angkot disini super flexible. Anda bisa minta si angkot untuk nganter ke tujuan yang anda inginkan. Tapi ya, jangan asal dong sobat, kasihan yang lain juga punya kepentingan. Kalo mo private sih naik taxi is the best solution. Yang jelas, selama tujuan anda gak jauh dengan rute aslinya, biasanya si supir pete-pete mau nganterin.

Intinya, kenali dulu kode angkot pete-pete yang seharusnya. Tanyakan apakah lewat rute anda, dan pastikan si supir gak terlalu banyak muter-muter. Telat, baru tau rasa!

Just cuap-cuap gak penting jurnal Trip to Makassar

0 comments:

Posting Komentar