Trans Studio, Sebuah Icon Wisata yang Dicibir Masyarakat Sendiri

Makassar. Trans Studio, adalah sebua icon wisata andalan setelah bandara internasional Sultan Hasanuddin di Makassar. Berharap bisa menjadi ikon kebanggaan bahwa "di luar jawa pun gak kalah", malah menjadi kambing hitam atas krisis listrik yang melanda kota ini dan sekitarnya.

Betul, proyek wisata prestisius, yang kata orang sini merupakan campur tangan JK, menjadi sebuah tempat wisata berbasis indoor entertainment yang menuntut listrik sebagai basis power untuk bisa menjalankan operasionalnya. Tak ayal, kebutuhan listrik yang cukup tinggi itu pun langsung disorot masyarakat sebagai biang terjadinya krisis listrik.

Bahkan semua turis-turis domestik di-"drive" oleh penduduk sini pada satu pemikiran bahwa Trans Studio-lah yang menyedot kebutuhan listrik di Makassar ini sampai terjadi kekurangan yang amat parah. Memang begitulah, seperti pepatah "gajah di pelupuk mata tak tampak, semut di seberang lautan tampak". Keberadaan Trans Studio yang memang cukup besar yang padahal mereka pun juga tergolong satu komponen kecil dari kota ini, namun lebih di sorot karena begitulah yang terlihat. Jika anda melihat di malam hari, permainan lampu-lampu neon yang begitu mempesona, bahkan sering dipakai sebagai latar belakang berfoto, cukup mudah untuk bisa disalahkan oleh masyarakat sendiri.

Lucunya, si PLN sebagai sang gajah yang seharusnya disalahkan, cukup diuntungkan dengan penggiringan opini ini. Dan si PLN pun juga melemparkan kesalahan keadaan ini karena alam yang tak kunjung mengguyurkan hujan. Nah, kalau sudah alam yang dibawa-bawa, apa bisa kita tetap bisa menyalahkan PLN? (Pinter kan Perusahaan Lilin Negara kalo berkelit)

Saat tulisan ini dipublikasikan, saya berkunjung baru tiga hari, dan 2 minggu sebelumnya saya sudah pernah berkunjung di kota Makassar ini. Saat itu saya sudah merasakan pemadaman bergilir 2 jam-an dengan 3x sehari (kayak makan ya). Namun untuk kunjungan kali ini, justru lebih parah lagi, 3 jam-an mungkn lebih, dengan intensitas per harinya tetap sama 3x sehari. Bahkan, kata teman saya, dia dapat pemberitahuan dari surat edaran PLN, bahwa pada tanggal 21/11/2009 (00:00) - 23/11/2009 (06:00) akan terjadi pemadaman dengan total 54 jam.

Hard Blackout di Makassar...!!!

0 comments:

Posting Komentar