3 Hal yang Menyebabkan Ranking Hasil Pencarian Turun

Mungkin kamu sering mendapati artikelmu yang sudah melalui proses SEO riset kata kunci dan lain-lan, yang awalnya sudah berhasil mendapatkan impresi pada halaman hasil pencarian (SERP) di pejwan, tiba-tiba turun atau berpindah ke halaman dua, tiga dan seterusnya. Kenapa bisa begitu?

Meski tidak ada klaim pasti bagaimana algoritma google bekerja, namun beberapa pihak berdasarkan pengalaman, banyak yang menginformasikan alasan kenapa suatu blog atau artikel mengalami penurunan peringkat pada hasil pencarian google atau SERP.

1. Banyak website lain yang ikut mentarget kata kunci yang kamu pilih.

Tentunya dalam membuat artikel, kita harus melakukan riset kata kunci terlebih dahulu, dan memilih manakah kata kunci yang akan kita optimasi pada artikel kita. Sebagaimana cara memilih kata kunci yang pernah dibahas, kita akan cenderung memilih kata kunci yang memiliki tingkat kompetisi yang tidak terlalu tinggi. Tujuannya karena memang kita tahu, akan lebih susah jika artikel atau blog kita berkompetisi dengan kata kunci yang sudah banyak pengunjungnya.

Namun, jika banyak website yang melakukan hal yang sama, tentunya kata kunci yang semula memiliki traffic yang rendah, lama-lama juga akan naik dengan sendirinya. Dan di saat kenaikan traffic itu terjadi, meski kita sudah melakukan optimasi, faktor pengunjung mengklik website kita atau website orang lain menjadi hal yang berpengaruh.

2. Engagement time website lain lebih baik

Tidak dapat dipungkiri, engagement merupakan salah satu faktor yang digunakan oleh google untuk meranking suatu website terhadap relavansi kata kunci. Secara bisnis, engagement yang lama, memungkinkan google untuk mendapatkan impresi yang baik dari iklan yang ditayangkan di suatu website. Sedangkan secara relevansi, waktu engagement yang lama menunjukkan relevansi blog atau artikelmu terhadap kata kunci sangat baik.

Agar pengunjung bisa berlama-lama di sebuah halaman website, salah satunya adalah, dengan menyajikan informasi yang berguna untuk mereka. Namun meskipun informasi yang kita sampaikan sudah cukup baik, panjang artikel tentunya menjadi faktor berapa lama pengunjung menyelesaikan membacanya. Karenanya memancing pengunjung untuk terus membaca lebih lama, membentuk engagement yang lebih baik atas artikel tersebut, sehingga mendapatkan rating bagus di hasil pencarian.

3. Traffic website tidak wajar

Jika traffic kamu tidak wajar, tentunya algoritma google akan mendeteksi ada keanehan yang selanjutnya mereka akan melakukan penyelidikan lebih mendalam. Saat dinyatakan website kamu bermasalah, tentunya google akan menegur kamu, atau bisa juga tidak, dan dengan tiba-tiba traffic kamu diturunkan, sehingga kamu tidak mendapatkan traffic yang baik. Karenanya, lakukan optimasi sesuai dengan langkah-langkah yang benar. Karena, sekalinya traffic kamu ditandai tidak wajar, akan sulit untuk memperbaikinya.

Itulah 3 hal yang menyebabkan ranking hasil pencarian websitemu turun.

0 comments:

Posting Komentar