Cara Membuat Blogger. Diary Online Gratis

Kenapa dinamakan "blog"

Kata blog sendiri adalah berawal dari 2 kata yaitu web log. Namun, dalam perkembangannya, istilah tersebut disingkat menjadi blog. Kalau kamu penonton youtube, pasti juga mengenal istilah "vlog", ya itu juga berawal dari 2 kata yaitu video log.

"Log" sendiri adalah catatan kejadian yang diperbarui sesuai dengan waktu terjadinya suatu aktifitas. Karena itu aktifitas blog sama dengan menulis diary. Namun mungkin bedanya, kalau diary lebih ditujukan untuk pribadi, sedangkan harus dipublikasikan.

Karena sifatnya dipublikaskan, artinya orang lain juga bisa membacanya. Jadi blog sendiri lebih dikhususkan pada berbagi pengalaman pribadi yang mungkin bisa bermanfaat untuk orang lain.

Untuk membuat blog gratis, kamu bisa memanfaatkan layanan dari google di alamat www.blogger.com. Daftarnya harus menggunakan akun gmail kamu. Jadi, setidaknya, kamu harus membuat email terlebih dahulu sebelum melanjutkan membuat blog.

Setelah berhasil mendaftar di blogger, kamu bisa mulai membuat blog dengan menentukan nama subdoman apa yang nantinya bisa kamu share ke teman atau media sosial kamu. Subdomain ini adalah alamat web untuk bisa melihat catatan yang kamu publikasikan. Pada platform blogger, kamu akan mendapatkan alamat web seperti ini: nama_domain_kamu.blogspot.com

Nama domain kamu bisa kamu pilih mana yang belum digunakan oleh orang lain. Tidak harus nama kamu, bebas, dan unik. Sebaiknya sebisa mungkin menggunakan alphabet. Namun kalaupun kamu lebih suka ada karakter pemisah, maka gunakan karakter "-", seperti alamat blog ini: jurnal-firman.blogspot.com

Setelah berhasil memilih nama domain kamu, selanjutnya kamu bisa klik "New Post", dan mulailah menulis. Kalau sudah disunting, dibaca lagi, diperbaiki penulisan typo, dan jika sudah siap, bisa dipublish. Setelah itu kamu bisa lihat bagaimana tampilan web dan artikel pertama kamu dengan mengunjungi alamat web yang sudah kamu tentukan sebelumnya.

0 comments:

Posting Komentar