Mengenal Makhluk Halus Tuyul

Tuyul, adalah salah satu nama makluk halus terkenal yang sering dikaitkan dengan fenomena mistis di Indonesia. Kepala gundul, perawakan anak kecil, dan berlari sangat cepat adalah gambaran yang sering diimajinasikan dalam film-film bernuansa horor di Indonesia. Bahkan tak sedikit kata "tuyul" dijadikan kata-kata ejekan pada anak-anak yang rambutnya dipotong habis atau biasa disebut digundul.

Karakter tuyul dipercaya muncul karena adanya fenomena kesenjangan sosial antara orang kaya dan miskin di Indonesia. Dimana makhluk ini dipercaya bisa "disuruh" untuk mencuri sejumlah uang dari orang yang ditarget dan dianggap menyimpan uang di rumahnya. Jadi ujung-ujungnya si tuyul ini dalam "misinya" disuruh memperkaya tuannya atau pemiliknya, dengan mencuri uang dari sejumlah korban.

Kepercayaan yang berkembang di masyarakat menyebutkan, kalau tuyul ini meskipun tidak "menakut-nakuti" korban, namun untuk bisa memilikinya tidaklah mudah. Ada suatu perjanjian yang cenderung tragis, yang harus dilakukan oleh seseorang, sebelum memilikinya. Dimana untuk memilikinya, mereka "disodori" sebuah perjanjian, yaitu mereka bisa memiliki tuyul untuk satu masa atau periode tertentu. Dan saat periode berakhir, mereka bersedia untuk disiksa di neraka. Namun bisa "dihindari" jika menumbalkan seseorang dari anggota keluarganya, maka dia bisa melanjutkan untuk 1 periode berikutnya. Selain itu, jika baru mempunyai anak bayi, sang istri bersedia menyusui si tuyul selama dalam kepemilikannya.

0 comments:

Posting Komentar