Mengenal Istilah SEO

Sebagai internet marketer, atau jika kamu tertarik untuk melakukan aktivitas digital marketing, maka salah satu ilmu yang harus dipahami adalah SEO. Kepanjangan SEO adalah Search Engine Optimization, atau suatu teknik untuk membuat suatu konten mudah ditemukan oleh orang lain.

Saat ini, kehadiran internet yang cepat dan akses yang mudah, tentunya tak pernah lepas dengan aktifitas mencari sesuatu di internet. Ada banyak platform pencari di internet, namun yang paling populer dan menguasai sebagian besar pemakai di dunia adalah google. Pengguna internet akan memasukkan beberapa kata yang mewakili informasi yang ingin dicari, kemudian oleh google akan diproses dan direspon dengan menampilkan daftar alamat web yang memiliki relevansi dengan kata yang dicari.

Tentunya relevansi hasil pencarian ini tidak selalu sama. Seseorang mencari kata kunci yang sama, pada waktu yang berbeda, profil yang berbeda dan demografi yang berbeda, akan menghasilkan hasil yang berbeda pula. Hal ini sengaja dilakukan oleh google untuk menyortir, memilah dan merangking relevansi suatu informasi berdasarkan statistik pengguna, dan beberapa formula algoritma rahasia yang hanya google yang tahu.

Namun seiring waktu, beberapa orang mencoba mengenali algoritma google melalui beberapa percobaan. Walau tidak ada klaim pasti tentang algoritma google tersebut, namun banyak para spesialis SEO yang menyimpulkannya dan membaginya di internet.

Untuk bisa mehamai SEO setidaknya, kita harus paham tentang istilah-istilah yang sering dipakai dalam mempelajari ilmu ini.

SEO

Kata pertama adalah SEO itu sendiri, yaitu sebuah teknik memodifikasi suatu halaman agar relevan pada suatu kata kunci. Tujuannya tak lain adalah saat ada pengguna internet mencari suatu kata kunci, maka google akan menampilkan artikel kita sebagai informasi yang relevan dengan yang dicari oleh pengguna internet tersebut.

Kata Kunci atau Keyword

Keyword adalah kata kunci yang disebutkan pada sebuah halaman artikel, sehingga google sebagai mesin pencari akan mengkaitkan informasi pada halaman web kita, dengan kata kunci yang kita kita target

SERP

SERP adalah singkatan dari Search Engine Result Page, yaitu suatu halaman hasil pencarian yang ditampilkan oleh mesin pencari seperti google, sebagai respon sesuai dengan kata kunci yang diinputkan oleh pengguna.

Teknik SEO adalah mengoptimasi halaman web kita agar muncul pada SERP. Halaman SERP ditampilkan secara berurutan. Jika halaman web kita sudah dioptimasi, maka harapannya adalah muncul pada urutan pertama pada halaman SERP.

Impresi

Impresi adalah indikator bagaimana posisi atau urutan konten kita berada di halaman SERP. Indikator ini penting, karena posisi inilah yang menjadi kesempatan konten kita terlihat di mata pencari.

Pejwan atau Page One

Adalah hasil dari impresi kita di halaman SERP. Pejwan ini pernah saya bahas pada artikel apa itu pejwan.

Pertamax

Pertamax adalah indikator impresi kita di halaman SERP berada pada urutan paling atas.

Menjadi pejwan itu keharusan, menjadi pertamax itu adalah kompetisi. Orang lebih banyak melihat halaman pertama dari hasil pencarian google, dan kecil kemungkinannya orang beranjak melihat ke halaman kedua. Karena itu teknik SEO ini adalah cara untuk melakukan suatu optimasi agar konten kita berada di pejwan. Syukur-syukur bisa jadi yang pertamax.

Visitor

Tentu istilah yang ini lebih mudah dipahami, karena memiliki arti pengunjung. Indikator visitor ini yang menjadi target kita. Karena seperti yang ditulis pada artikel ini, konten tanpa pengunjung, seperti toko tanpa pembeli.

Click atau Klik

Click adalah konversi dari impresi. Artinya, setelah cuplikan konten kita berhasil mendapatkan impresi pada suatu kata kunci dan dilihat calon pengunjung, maka saat pengguna mengklik tautan pada halaman SERP maka saat itulah indikator calon visitor dihitung menjadi pengunjung atau visitor.

Bounce Rate atau Engagement

Bounce Rate sebenarnya berkebalikan arti dengan Engagement. Tapi memiliki maksud yang sama. Engagement adalah waktu yang dihabiskan oleh pengunjung, setelah berhasil membuka halaman dari tautan yang diklik di SERP. Makin lama atau besar nilai Engagement, artinya informasi yang kita sampaikan pada halaman web kita, memiliki relevansi yang tinggi dengan kata kunci yang dicari oleh pengguna. Pembahasan lebih detil, saya ulas pada artikel Cara Agar Pengunjung Betah Berlama-lama di Web Kita

Landing Page

Landing Page adalah halaman tempat informasi berada, yang diakses oleh pengunjung. Dimana pengunjung tersebut datang dari tautan halaman kita yang ditampilkan pada halaman SERP karena informasi yang kita sampaikan, relevan dengan kata kunci yang dicari.

Permalink

Permalink adalah bentuk URL yang mengandung rangkaian kata-kata dari kata kunci yang kita target. Contoh: halaman ini jika Anda lihat pada URL di atas, tertulis https://jurnal-firman.blogspot.com/2023/03/mengenal-istilah-seo.html

Kata-kata "mengenal istilah seo" saya sertakan pada permalink sebagai kata kunci yang saya target, karena informasi yang ada pada halaman ini terkait dengan istilah SEO.

Untuk sementara cukup segitu dulu ya, masih ada istilah lainnya, dan akan saya bahas pada artikel terpisah.

0 comments:

Posting Komentar