Cara Agar Pengunjung Betah Berlama-lama di Web Kita

cara agar pengunjung betah berlama-lama di web kita

Membuat sebuah web tentunya tidak sekedar mempublikasikan, tapi juga mencari cara mendapatkan pengunjung ke blog atau web kita. Setelah berhasil mendapatkan pengunjung, maka kita juga harus mencari cara agar pengunjung berlama-lama di website kita.

Tentunya dua hal itu memiliki cara yang berbeda dan ilmu yang berbeda pula. Kita akan bahas keduanya.

Cara Mendapatkan Pengunjung ke Blog atau Web Kita

Sumber pengunjung datang ke web kita itu ada 2. Secara Langsung dan tidak langsung. Pengunjung yang datang secara langsung adalah dengan mendatangi alamat web kita. Jadi misalnya pengunjung datang ke web ini, maka pengunjung tersebut akan mengetikkan alamat jurnal-firman.blogspot.com.

Sedangkan pengunjung tidak langsung, mereka akan datang dari pencarian. Ketika calon pengunjung mencari dengan menggunakan suatu kata kunci, dan kata kunci tersebut ada di salah satu artikel kita, maka jika artikel tersebut sudah diindex oleh google, akan ditampilkan cuplikan teks yang relevan dalam sebuah halaman SERP, singkatan dari Search Engine Result Page.

Selain cuplikan teks artikel kita, google juga menampilkan cuplikan artikel dari web lain yang juga memiliki relevansi dengan kata kunci yang dicari. Dan disinilah titik konversi apakah calon pengunjung akan melihat cuplikan teks artikel kita atau memilih artikel lain.

Jika beruntung, dan pengunjung mengklik tautan dari cuplikan teks artikel kita di halaman pencarian, maka kita akan mendapatkan pengunjung. Dan ketika pengunjung berhasil datang, web kita harus siap agar mereka tidak pergi dalam waktu cepat. Situasi ini disebut nilai bounce rate. Apa itu bounce rate, akan kita bahas nanti.

Cara Mempertahankan Pengunjung Berlama-lama di Blog Kita

Seperti yang tadi sempat disebutkan, ketika ada pengunjung datang, maka website kita harus siap menyajikan konten yang ingin dicari oleh si pengunjung tersebut. Parameter siap disini antara lain

Waktu Loading Web Tidak Boleh Lambat

Web kita harus memiliki waktu loading yang relatif cepat. Web yang proses membuka halamannya terlalu lama, tentunya tidak disukai, dan pengunjung akan memilih mengakhirinya dan mencari website lainnya di hasil pencarian tadi. Karena itu pemilihan template yang kamu pakai sangat berpengaruh. Terlalu banyak animasi atau gambar yang berat, akan memperlambat waktu loading web.

Tidak Terjadi Kesalahan Permalink

Parameter siap lainnya adalah, konten yang ditampilkan tidak boleh terjadi kesalahan. Seperti misalnya url atau permalink tidak valid sehingga terjadi status web 404, yaitu konten pada url tersebut tidak tersedia atau tidak ditemukan. Hal ini bisa terjadi jika setelah kamu publish konten yang kamu siapkan, kamu tidak mengujinya terlebih dahulu.

Struktur Bahasa Sederhana dan Mudah Dipahami

Parameter siap lainnya lagi adalah, konten kamu memiliki cara penyampaian yang mudah, bahasa sederhana dan mudah dipahami, serta tidak berbelit-belit. Artinya konten kamu berkualitas. Dan ini perlu kamu latih dengan sering membuat tulisan.

Visualisasi Konten Nyaman Dipandang

Konten berbentuk tulisan saja tidak lebih indah dibandingkan konten yang disertai gambar. Apalagi 1 gambar bisa mewakili banyak arti. Tapi perlu diperhatikan juga, terlalu banyak gambar juga harus mempertimbangkan waktu loadingnya juga. Jadi tidak serta merta mementingkan keindahan, tapi lupa diri dengan loading time.

Navigasi yang Mudah

Pengunjung itu bak raja. Harus dimanjakan semanja-manjanya. Karena itu, struktur navigasi itu penting. Apabila kamu membahas suatu artikel dan artikel lain ada yang memiliki relevansi, maka tawarkan ke pengunjung tersebut, barangkali mereka berminat membacanya. Karena itu menyertakan tautan Baca Juga atau Artikel Terkait adalah salah satu cara menjaga pengunjung berlama-lama di web kita.

Sekarang kita kembali lagi ke Bounce Rate. Istilah lainnya dari bounce rate adalah Engagement Time, yaitu waktu yang dihabiskan oleh pengunjung pada suatu permalink. Makin lama pengunjung berada di permalink tersebut, makin menunjukkan konten tersebut memiliki relevansi yang baik terhadap kata kunci. Itulah kenapa google menyukai artikel yang panjang. Karena waktu yang dihabiskan pengunjung tentunya dikarenakan pengunjung menyukai membaca artikel tersebut sampai habis. Dan disitu juga kesempatan google untuk bisa menampilkan adsensenya lebih lama.

Ditambah kehadiran tautan baca juga dan artikel terkait, membuat pengunjung akan berlama-lama di web kita. Disitu berarti menunjukkan artikel kita berkualitas, dan sangat relevan dengan kebutuhan informasi dari si pengunjung. Dan tentunya itu juga menjadi cara mendapatkan impresi adsense lebih banyak.

0 comments:

Posting Komentar