Menjadi Penulis Blog, yang Menguntungkan

Judulnya ini bisa menjadi provokasi untuk sebagian orang. Bagaimana tidak, bukan satu dua orang yang sudah terjun menjadi penulis blog, kemudian menyerah setelah tahu, ternyata dibalik kata "menguntungkan" ada usaha yang tidak mudah, dan kesabaran yang begitu besar.

Semuanya pasti tahu, yang dimaksud dengan menguntungkan disini adalah web kita menyediakan slot iklan, dan siapapun yang ingin beriklan di web kita, ada kesepakatan harga yang harus dibayarkan.

Di internet, saat web kita bermanfaat untuk banyak orang, dan disukai, tentunya mereka akan datang dengan sendirinya. Mengkonsumsi informasi yang kita sediakan, dan mengambil manfaatnya. Kita sebagai pemilik web, menyediakan spot iklan agar informasi yang sudah kita sediakan, ada pemasukan sebagai hasil dari jeri payah kita membuat tulisan-tulisan tersebut.

Berbeda cerita jika kita seorang penulis cerita bersambung. Kita bisa membuat tulisan dengan membaginya menjadi beberapa bab. Bab-bab awal, kita sediakan secara gratis. Setelah merasa respon pembaca kita cukup, kita tawarkan bab berikutnya secara eksklusif alias berbayar. Tentunya itu menjadi alternatif lain agar tulisan kita bisa menghasilkan keuntungan untuk kita selain spot iklan tersebut.

Cara Mendapatkan Penghasilan dari Spot Iklan

Untuk menghasilkan pendapatan dari spot iklan, ada dua macam cara. Pertama adalah, kita menyedikan slot private iklan. Apabila ada klien yang ingin memasang iklan, tentunya dia akan menghubungi kita. Karena itu, kita juga harus menyediakan kontak kita. Disarankan untuk tidak menyertakan email sebagai kontak kita, karena sering dijadikan media spam. Kita bisa menggunakan twitter atau instagram dimana disana ada fitur pesan pribadi.

Cara kedua adalah bekerjasama dengan pihak ketiga, seperti misalnya google Adsense. Dengan bermitra menjadi publisher, kita cukup memasangkan spot-spot pada web kita melalui panduan yang disediakan google, dan google yang akan mengatur iklan apa yang muncul, sesuai dengan ketertarikan seseorang saat mengunjungi web kita.

Tentunya google akan menarik sejumlah fee dari iklan yang ditayangkan. Prosesnya sebenarnya relatif mudah. Namun, kita harus konsisten membuat artikel bermanfaat, agar pengunjung bisa berlama-lama di web kita. Kamu bisa membaca artikel tentang Cara Agar Pengunjung Betah Berlama-lama di Web Kita.

Menarik bukan? Apakah sekarang kamu tertarik untuk mulai menulis blog?

Baca Juga:

  • satu

#blogging

0 comments:

Posting Komentar