Cara Kerja Bitcoin Mining, Ketahui Sebelum Ikut Terjun

cara kerja bitcoin mining

Sebagaimana cara kerja blockchain yang pernah dibahas, ada beberapa cara untuk mendapatkan bitcoin dimana salah satu cara untuk mendapatkan bitcoin adalah dengan menambangnya. Untuk bisa menambang bitcoin, kamu harus tahu dulu cara kerja bitcoin mining, agar kamu bisa paham apa yang harus kamu siapkan jika ingin ikut terjun menjadi penambang.

Jika diibaratkan menambang itu menggali dan memecah batu, maka analogi batu di sini adalah block-block yang ada di blockchain. Dan block-block tersebut tidak memiliki fisik seperti batu atau semacamnya. Melainkan sebuah data yang dienkripsi dengan suatu formula matematika yang rumit. Bitcoin sendiri juga tidak berbentuk koin seperti yang tersebar di internet. Namun juga berbentuk data terenkripsi.

Proses memecah block-block dari blockchain inilah yang disebut menambang bitcoin. Sebenarnya memecah block-block ini, bukan membelahnya menjadi beberapa bagian. Tapi lebih tepatnya membuka enkripsi bitcoin dengan mencobanya menggunakan kunci berupa data yang disebut nonce.

Karena proses membuka kunci ini harus dicoba berulang-ulang, maka dibutuhkan kinerja prosesor yang kuat, agar bisa melakukan percobaan dalam jumlah banyak dan waktu yang relatif cepat.

Sebagaimana yang kita tahun, banyak block dalam blockchain yang harus dimining, maka dibutuhkan prosesor yang bisa bekerja secara paralalel. Awalnya bitcoin bisa diselesaikan dengan prosesor CPU. Namun seiring berkembangnya pengguna bitcoin, dan naiknya jumlah transaksi, tentunya mengandalkan prosesor CPU saja tidak cukup. Karenanya, proses mining dikembangkan untuk bisa dijalankan dengan proses lain, yaitu prosesor GPU atau prosesor grafis.

Prosesor GPU sendiri sebenarnya dikembangkan untuk mengatasi proses grafis seperti animasi dan game 3D, yang membutuhkan kalkulasi proses yang tinggi. Dan melihat kemampuan tersebut, akhirnya banyak para pengembang script penambang, melakukan modifikasi agar bisa juga menggunakan prosesor GPU untuk meningkatkan performa menambang.

Karenanya, spare-part kartu VGA semakin banyak diburu oleh para penambang, yang menyebabkan terjadinya over demand yang ujung-ujungnya menaikkan harga jual kartu VGA. Yang membuat prosesor GPU diminati karena dukungan multi-thread dalam jumlah banyak. Thread ini sangat berperan dalam melakukan proses penambangan, sehingga potensi untuk bisa membuka enkripsi block menjadi lebih besar, yang tentunya ujung-ujungnya mendapatkan imbalan bitcoin lebih besar.

Untuk kamu yang ingin terjun menjadi penambang, tidak asal terjun saja. Kamu harus mempertimbangkan modal dan juga kemampuan kamu untuk bisa bertahan di saat harga bitcoin tidak setara dengan biaya listrik dan internet yang dibutuhkan dalam proses menambang. Semakin besar spesifikasi dan jumlah komponen yang kamu butuhkan untuk menambang, semakin besar pula modal yang kamu butuhkan setiap bulannya.

Namun, kalau kamu sekedar bermodal terbatas, atau hanya ingin berinvestasi dengan bitcoin, mungkin kamu bisa memilih alternatif membelinya melalui pasar kripto atau mendapatkan bitcoin melalui faucet.

0 comments:

Posting Komentar