Apa itu Haid, Mengenal Tamu Setia Perempuan

apa itu haid

Haid atau istilah lainnya menstruasi adalah suatu keadaan yang terjadi pada perempuan yang ditandai dengan keluarnya darah dari daerah kemaluan sebagai sebab karena terjadinya peluruhan pada sel telur di rahim perempuan karena tidak dibuahi, dimana siklus ini terjadi secara bulanan.

Haid pertama kali terjadi pada anak usia SD sekira kelas 5 atau 6. Walau tidak selalu sama untuk masing-masing perempuan mengingat perkembangan hormon yang berbeda pada setiap individu.

Saat haid terjadi, darah akan keluar terus menerus dari daerah kemaluan. Hal ini menyebkan peremuan akan kesulitan dalam beraktifitas. Namun saat ini teknologi untuk mengatasi hal tersebut sudah ada. Yaitu berupa sebuah penyerap dan penyimpan darah haid pada perempuan yang disebut pembalut.

Selama proses haid, perempuan harus memakai pembalut tersebut selama beraktifitas, dan rajin mengecek apakah daya serap pembalut sudah penuh atau tidak. Karena saat pembalut tidak dapat menampung darah yang keluar, maka harus segera diganti dengan yang baru.

Haid terjadi selama paling cepat 3 hari sampai 10 hari paling lama. Dan selain ditandai dengan darah yang keluar, juga hal-hal lainnya seperti nyeri di sekitar perut, timbulnya jerawat di wajah, dan tingkat emosi yang tidak stabil, sehingga mudah marah.

Darah haid termasuk kotor dan dikategorikan najis pada agama islam, sehingga perempuan yang haid tidak diperkenankan sholat dan juga memasuki tempat-tempat suci seperti masjid.

Apa Penyebab Haid Tak Kunjung Datang

Sebagaimana yang disebutkan di atas bahwa haid terjadi karena sel telur tidak dibuahi, maka kondisi tidak terjadinya haid sering kali dijadikan indikasi apakah perempuan sedang hamil atau tidak. Yang dimaksud dengan sel telur dibuahi adalah proses bertemunya sperma dengan sel telur.

Namun kondisi haid tidak terjadi atau terlambat datang tidak selalu bisa disimpulkan sebagai indikasi hamil. Karena terlambat haid atau istilahnya terlambat datang bulan bisa terjadi karena banyak faktor lain, seperti perubahan hormon dalam tubuh atau faktor stres.

Keterlambatan datang bulan yang normal bisa bervariasi mulai 20 sampai 35 hari. Sehingga perempuan sebaiknya mengontrol siklus bulanan ini agar bisa diketahui ada indikasi hamil ataukah gangguan kesehatan yang mungkin harus diantisipasi.

Adakah Minuman yang Bisa Mempercepat Datang Bulan

Beberapa minuman ini dipercaya bisa membantu mengkondisikan hormon perempuan sehingga bisa memicu terjadi datang bulan, yaitu: kunyit, jahe, nanas, kacang kedelai, vitamin c, cuka apel dan kayu manis.

Apabila ternyata sudah melewati masa normal terlambat datang bulan, maka bisa melakukan pemeriksaan medis seperti cek kehamilan dengan menggunakan alat tespack kehamilan ataupun berkonsultasi dengan dokter.

Itulah beberapa hal yang terkait dengan kondisi haid atau menstruasi.