Blog vs FB Notes

Kamu sering baca atau mengikuti Notes salah satu atau beberapa temanmu di facebook? Terus, apakah kamu juga sering berkunjung ke situs blog teman-temanmu? Menurutmu lebih enak mana baca Notes Facebook atau blog?

Saya pribadi senang membaca catatan-catatan teman-teman dibandingkan dengan sekedar baca "Status Update" ketika berselancar di dunia facebook. Pada dasarnya Facebook Notes sama seperti blog. Catatan-catatan, terkadang berisi ungkapan orisinil dari teman kita, atau mungkin sekedar kopas dari suatu sumber.

Dari sisi kecepatan, saya lebih suka Facebook Notes, tapi kalo dari sisi batasan, saya lebih suka blogging. Meskipun sama-sama berisi tulisan yang mengulas tentang sesuatu hal, blog tetap lebih dinamis. Yang dimaksud di sini adalah, bagaimana kita menampilkan blog agar pembaca bisa betah berlama-lama membaca satu demi satu tulisan kita dan juga loyal untuk mengunjungi blog kita dikemudian hari. Namun, saat kita melakukan sesuatu terhadap blog kita, entah itu sekedar mempercantik tampilan, ataupun membuat navigasi yang memudahkan pengunjung blog mengeksplorasi konten blog, terkadang malah menjadikan akses untuk membuka blog tersebut menjadi lebih lama. Apalagi, jika kita menggunakan konten yang secara fisik tersimpan di lokasi yang berbeda. Tentu akan membuat akses menjadi lebih berat.

Berbeda dengan Facebook Notes, karena keterbatasan dalam mengkustomisasi tampilan dari tulisan kita, dan selain itu juga facebooknya sendiri memiliki jalur pita akses yang besar, serta tampilan yang gak aneh-aneh, memungkinkan notes lebih mudah dan cepat di akses. Sayang, orisinalitas dan mutu pada notes kadang kurang diperhatikan, sehingga tidak memancing pembaca untuk berlama-lama atau berramai-ramai mengkomentari tulisan-tulisan itu.

Mungkin itu sekedar perbedaan yang bisa saya nilai dari sudut pandang saya pribadi. Bagaimana dengan anda?

Artikel-ku yang lain:

2 komentar:

  1. Alhamdulilah dapat pertamax.....
    kalau aq mas cenderung ke blog, soalx klo di FB terkadang notes temanya sering "Ngelantur". sedangkan di blog saya fikir lebih terarah. ngomong2 liburnya dah kelar nih....???

    BalasHapus
  2. apapun tulisannya.. minum nya tetap teh botol sosro mas

    BalasHapus