Sakit di Bawah Mata, Kenali Gejala dan Penanganannya

Terkadang kita mengalami sakit di area bawah mata. Banyak faktor yang bisa mempengaruhi kenapa kita nerasakan sakit di bawah mata. Berikut akan kita jelaskan apa saja kemungkinan penyebab area sakit di bawah mata.

Faktor yang Mempengaruhi Rasa Sakit di Bawah Mata

Infeksi

Infeksi pada mata seperti konjungtivitis (pink eye) atau blepharitis (peradangan kelopak mata) dapat menyebabkan rasa sakit di bawah mata. Beberapa gejala yang biasanya menyertai adalah mata merah, keluar lendir atau nanah dari mata, dan penglihatan kabur.

Sinusitis

Infeksi ini biasanya terjadi karena peradangan pada daerah sinus (rongga udara di sekitar hidung dan mata). Gejala yang dialami adalah rasa sakit atau tekanan di area bawah mata. Ini biasanya sering terjadi ketika infeksi sinus menyebar ke sinus ethmoidal, yang terletak di belakang mata.

Cedera atau trauma

Jika kita pernah jatuh atau terkena pukulan atau benturan, akan terjadi peradangan atau kerusakan jaringan di sekitar mata, dan ini bisa jadi penyebab terjadinya rasa nyeri di bawah mata.

Gangguan mata

Beberapa gangguan mata, seperti peradangan kelopak mata bawah (lower eyelid inflammation) atau chalazion (benjolan pada kelopak mata), dapat menyebabkan rasa sakit di bawah mata. Kondisi ini biasanya juga disertai dengan kemerahan, pembengkakan, dan ketidaknyamanan lainnya.

Ketegangan atau kelelahan mata

Terkadang ketika kita terlalu banyak beraktifitas di depan layar komputer ataupun smartphone, mata kita menjadi mudah lelah. Karenanya penting untuk mengistirahatkan mata beberapa menit jika memang kerja kita setiap hari adalah melihat layar komputer.

Rilekskan mata dengan memejamkan sejenak dan bila perlu, lakukan pemijatan ringan agar otot-otot mata menjadi rileks. Sesekali alihkan pandangan untuk melihat benda-benda dengan jarak berbeda-beda untuk tetap melatih fokus mata.

Apabila kamu merasakan nyeri atau sakit di bawah mata, ada baiknya untuk memeriksakannya ke dokter agar bisa mendapatkan hasil diagnosa dan penanganan yang lebih akurat.

Baca Juga:

0 comments:

Posting Komentar