Apa itu Jerawat, dan Bagaimana Mengatasinya

cara mengatasi jerawat

Jerawat pasti dialami oleh sebagian besar orang. Terutama anak-anak yang mulai berusia menjelang remaja dan juga perempuan yang lagi haid.

Untuk para remaja, jerawat bisa jadi masalah receh namun cukup membuat panik, karena mengurangi paras wajah yang lagi senang-senangnya bersolek.

Tak ayal, banyak hal yang akan dilakukan untuk sebisa mungkin menghilangkan jerawat tersebut.

Yuk coba kenali dulu tentang jerawat agar kita bisa melakukan hal yang benar untuk mengatasinya

Jerawat bisa muncul karena banyak faktor, seperti faktor genetik, lingkungan, hormon seperti saat sedang haid, atau bisa juga karena gaya hidup seperti mencoba berbagai kosmetik yang ternyata tidak cocok dengan kulit wajah kita.

Stres juga bisa menyebabkan perubahan hormon yang berdampak pada timbulnya jerawat.

Cara Mencegah Jerawat Timbul

Untuk menghindari munculnya jerawat, salah satu yang paling mudah dilakukan adalah dengan rajin-rajin membersihkan wajah. Bisa dengan sabun wajah maupun skincare khusus wajah yang sudah dipastikan aman.

Atur juga pola gaya hidup yang tidak berlebihan dan juga jaga tingkat stres dalam keseharian dengan menyeimbangkannya berolah raga teratur setiap hari.

Kita juga bisa melakukan olahraga kardio, bermain badminton agar selain tubuh sehat, juga menghindari terjadinya stres

Cara Menghilangkan Jerawat

Saat panik ketika mengetahui ada jerawat di muka kita, cenderung kita akan melakukan berbagai cara untuk menghilangkannya. Namun ada baiknya kamu lakukan beberapa cara ini yang terbukti tidak beresiko.

1. Tetap bersihkan wajah secara teratur

Meski sudah rajin membersihkan wajah secara teratur, bisa jadi jerawat masih muncul. Karena itu, meski sudah muncul, jangan kendor untuk tetap rajin membersihkan wajah.

2. Gunakan cuka apel sebagai toner pembersih wajah

3. Konsumsi makanan sehat

Kamu juga harus menjaga pola makan dan komposisinya. Karena segala sesuatu yang masuk ke tubuh kita pasti akan mempengaruhi hormon tubuh.

4. Jangan terlalu sering membersihkan wajah

Nah lo, tadi disuruh rajin, sekarang dibilang jangan sering, gimana tuh maksudnya? Rajin dan sering tentu beda dunk. Dalam keadaan panik, bisa jadi dalam sehari kita memperbanyak membersihkan wajah dari yang seharusnya. 

Disinlah yang dipermasalahkan. Wajah juga memiliki kadar kelembaban yang harus dijaga. Jika terlalu sering dicuci, akhirnya wajah menjadi kering dan kusam.

5. Kompres dengan es batu

6. Bersihkan bantal gulingmu

Jerawat bisa muncul karena bakteri. Karena itu rajin-rajin membersihkan bantal gulingmu, bisa membantu mencegah bakteri nempel di wajahmu saat tidur.

7. Jangan sentuh wajah

Ini pedoman paling penting. Semakin kamu sentuh wajahmu, semakin berpotensi kamu meletus jerawat tersebut. Dengan meletusnya jerawat, maka kamu membuka luka pada kulit wajahmu yang berpotensi terinfeksi kuman. Apalagi tangan adalah sumber penyakit, yang bisa jadi kamu mengantarkan kuman tersebut ke wajahmu.

Itulah beberapa hal yang bisa kamu ketahui tentang jerawat dan bagaimana cara mengatasinya.

Artikel Lain yang Mungkin Anda Suka