Bagaimana Caranya Modal 1 Juta Untung 3 Juta dalam Sebulan

Membaca pertanyaan ini pertama kali memang sangat menggelikan. Karena ini pertanyaan yang hampir mustahil untuk diwujudkan. Tapi penasaran, coba kita hitung bagaimana strateginya agar ini bisa diwujudkan.

Kita akan menggunakan studi kasus penjualan pulsa elektrik yang biasa kita temukan pada kios pulsa. Keuntungan yang diambil biasanya sekira Rp1.000 per transaksi.

Kita asumsikan saja yang kita jual adalah pulsa elektrik nominal 5rb yang harga jualnya Rp 7rb dengan harga belinya sekitar Rp 6rb, yang berarti marginnya Rp1.000.

Dengan target keuntungan sebesar Rp 3 juta, maka dengan margin Rp 1.000 per transaksi, setidaknya membutuhkan penjualan sebesar 3.000 kali.

Sekarang kita asumsikan kita jualan tanpa libur 30 hari penuh. Maka target per hari adalah 100 kali transaksi. Dengan harga beli Rp6.000 untuk nominal pulsa 5rb, dikalikan 100, membutuhkan modal yang dibutuhkan per hari sebesar Rp600rb. Masih ada sisa Rp400.000.

Setelah mengetahui target 100 penjualan per hari, bagaimana cara mencapai target tersebut?

Jika dalam 1 RT terdapat 25 keluarga dimana 1 keluarga terdiri dari 4 orang, yang mana setiap 1 orang mempunyai hape dan membutuhkan pulsa 5rb, maka target 100 transaksi bisa tercapai. Dengan asumsi semua orang tersebut harus membeli pulsa pada kita setiap hari.

Sekarang, kita akan memecah beberapa masalah yang mungkin terjadi pada situasi di atas.

1. Tidak mungkin setiap orang belanja pulsa setiap hari

Orang biasanya tidak mau repot membeli pulsa tiap hari. Mereka lebih memilih membeli pulsa untuk keperluan internet, dengan masa aktif 30 hari.

Yang artinya 1 orang belanja pulsa internet, dan akan kembali belanja lagi 1 bulan kemudian. Sehingga target per hari tidak tercapai.

2. Beli pulsa lebih mudah di marketplace

Tidak sedikit masyarakat yang menggunakan marketplace untuk berbelanja, termasuk membeli pulsa elektrik ataupun paket internet. Sehingga makin kecil-lah market share calon pelanggan kita.

3. Tidak mungkin menjual varian pulsa 5rb saja

Orang memiliki kebutuhan bervariasi untuk setiap pemakaian pulsa per harinya. Karena itu terkadang mereka memilih membeli pulsa tidak sekedar nominal 5rb, bisa 10rb atau lebih.

Setelah mempelajari studi kasus di atas, dapat disimpulkan, modal Rp 1 juta untuk mendapatkan keuntungan total Rp 3 juta dalam 1 bulan adalah tidak mungkin.

Tapi jika kamu mempunyai pendapat yang berbeda, silahkan tulis di kolom komentar.

Artikel Lain yang Mungkin Anda Suka

0 comments:

Posting Komentar