Apa itu Blog, Belajar Pengertian Dasar dan Fungsinya

apa itu blog

Jurnal Firman — Jaman sekarang dimana orang lebih mudah mengakses internet, tentunya membuat orang makin sering berinteraksi dengan berbagai macam informasi. Sebagian besar pengguna mengakses internet menggunakan browser.

Saat berselancar di internet kemudian menemukan hal menarik, biasanya kita akan mem-bookmark halaman tersebut. Namun, ada kalanya setelah berselancar di dunia internet, kita membiarkan informasi itu lewat dan tetap melanjutkan berselancar.

Jika tiba-tiba kita teringat sesuatu yang pernah sebelumnya kita baca di internet, namun lupa mem-bookmark-nya, kita bisa memanfaatkan fitur yang ada di browser kita. Fasilitas untuk mencatat dan menyimpan data sejarah peneluruaan dan penggunaan internet adalah history penelurusan. Fitur ini, jika bukan mode incognito, semua jejak penelusuran kita tersimpan rapi di browser.

Selama belum pernah dihapus, history tersebut akan tetap tersimpan rapi. Namun apabila kita merasa informasi yang pernah kita telusuri berguna, kita bisa memanfaatkan blog.

Blog sendiri adalah singkatan dari web log. Blog adalah sebuah website yang berisi informasi yang kita simpan, entah itu untuk keperluan kita sendiri, ataupun bisa bermanfaat untuk orang lain.

Menulis di blog jauh lebih permanen dibandingkan membookmark informasi di browser kita. Karena dengan meng-abadikan informasi tersebut di blog, kita bisa mengaksesnya kapan saja dan di mana saja selama kita masih bisa mengakses internet. Cukup dengan mengetikkan alamat domain blog kita, maka informasi yang sudah kita simpan bisa kita baca kembali.

Aktivitas menulis dan mengelola blog disebut blogging. Sedangkan orang yang membuat dan mengelola blog disebut blogger.

Untuk bisa membuat blog, kita membutuhkan website dan alamat domain. Website adalah sebuah perangkat lunak yang berisi baris-baris kode html, yang membentuk halaman informasi yang disimpan pada suatu lokasi komputer dan terhubung dengan internet.

Sedangkan domain adalah nama alamat website kita yang memungkinkan kita dan orang lain untuk mengakses informasi yang ada di dalam website kita.

Blog sendiri adalah salah satu jenis website, yang fungsinya untuk menyimpan tulisan atau catatan yang sebelumnya sudah kita jelaskan di atas.

Untuk bisa mendapatkan website blog, ada dua cara, pertama dengan menyewa hosting di sebuah penyedia layanan internet atau ISP, dan yang kedua adalah dengan menggunakan produk gratisan di beberapa platform tertentu.

Salah satu produk blog gratis yang bisa kita gunakan adalah blogger. Kamu bisa mencarinya melalui pencarian google dengan mengetik kata kunci blogger atau login blog, dan akan muncul nama blogger.com

Blogger ini adalah salah satu produk dari google. Di platform yang satu ini, di dalamnya sudah berisi website untuk mengelola blog dengan antar muka dan navigasi yang mudah dipelajari. Sedangkan untuk domain, kamu bisa menentukan nama bebas, nantinya nama domain kamu akan menjadi seperti ini:

namadomainkamu.blogspot.com

Bagaimana Cara Masuk ke Blogger

Karena blogger merupakan produk dari google, maka untuk bisa mengaksesnya atau masuk ke blogger login, kamu harus memiliki akun blog terlebih dahulu.

Apa itu akun blog

Akun blog analoginya seperti kunci rumah, dan blogger adalah rumahmu. Untuk bisa memasuki platform yang satu ini, kamu harus memasukkan akun blog tersebut pada kolom login yang disediakan. Dengan memiliki akun blog, orang lain tidak bisa dengan mudah membuat tulisan ataupun mengubah tulisan yang sudah kamu simpan sebelumnya.

Akun blog untuk blogger login menggunakan email google. Kalau kamu saat ini belum memiliki email google, kamu bisa membuatnya dengan mudah dan gratis pula.

Setelah berhasil masuk ke blogger login, pertama kali, kamu diminta untuk menentukan nama blog kamu dan juga nama domain yang kamu sukai. Tentunya nama domain tersebut haruslah unik dan belum pernah dipakai oleh pengguna blogger lainnya. Cukup ikuti tahapan yang dipandu oleh aplikasi yang satu ini, dan selanjutnya kamu bisa langsung membuat tulisan baru dengan mengklik tombol "New Post" atau "Posting Baru".

Setelah tulisan baru selesai kamu ketik, jangan lupa untuk kamu simpan. Kemudian, kamu bisa mempublikasikannya dengan mengklik tombol "Publish".

Selanjutnya kamu bisa melihat bagaimana hasil tulisanmu di aplikasi yang satu ini, muncul sebagai website blog dengan mengunjungi alamat domain yang sudah kamu tentukan di tahapan pertama tadi.

Tulisanmu bisa kamu temukan biasanya terletak di bagian tengah blog dan tempat dimana postingan blog berada. Jika terdapat kesalahan tulis, kamu cukup kembali ke blogger login dan menyuntingnya sampai benar, kemudian mempublikasikan ulang.

Tentunya setelah tulisanmu di blog cukup banyak, kamu bisa memulai berbagi informasi dengan semua orang di seluruh dunia. Kamu bisa membagikan alamat domain blogmu ke media sosial, ataupun kamu tulis di kartu nama dan media cetak lainnya.

Tujuan disebarkannya alamat domain blog kamu, agar orang mengetahui tulisanmu dan membacanya. Semakin banyak yang membaca tulisanmu di aplikasi yang satu ini, tentunya akan lebih menyenangkan.

Namun juga ada cara lain untuk bagaimana cara tulisanmu atau website dikunjugi orang atau bisa diketahui oleh orang lain. Cara website dikunjungi orang yaitu bersumber dari pencarian google.

Tentunya, agar google selalu merekomendasikan tulisanmu dan agar blog selalu dikunjungi pengguna lain usahakan blog selalu di-update dengan konten baru yang bermanfaat. Selalu blogger login setiap hari untuk menuangkan gagasan-gagasan yang bisa saja datang tiba-tiba.

Cara Masuk Blogger dengan Akun Yahoo

Sebagaimana yang sudah disebutkan sebelumnya, untuk bisa menggunakan blogger harus masuk menggunakan akun gmail. Karena blogger maupun gmail sama-sama milik Google. Namun bagaimana kalau kita sudah memiliki akun yahoo, apakah tidak bisa digunakan untuk masuk blogger?

Sayangnya tidak bisa. Blogger eksklusif hanya bisa masuk menggunakan akun Google. Namun jika kamu ingin segala notifikasi blogger yang dikirim ke gmail juga dikirimkan juga ke yahoo, kamu bisa melakukan beberapa perubahan di pengaturan gmail.

Saran mimin sih, karena sekarang android pasti harus menggunakan akun gmail, maka tidak ada ruginya kalau akun tersebut dipakai juga untuk masuk ke blogger. Namun pastikan agar akun tersebut dalam kontrolmu. Karena membangun blog butuh proses yang lama. Sayang kan kalau tiba-tiba kamu tidak bisa masuk blogger login, hanya gara-gara akunmu lupa password, atau smartphone androidmu rusak.

Intermezo

Yang menarik adalah kata blog memiliki bunyi yang sama dengan block. Jadi kalau ada yang tiba-tiba datang ke artikel ini karena menulis dengan kata kunci seperti ini, blog yang sering digunakan didekat meja disebut, maka bisa jadi kata blog yang dimaksud adalah block dan bukan blog.

Semoga informasi ini bermanfaat.

Baca Juga:

0 comments:

Posting Komentar