Cara Mengatasi Getting Windows Ready Don’t Turn Off Your Computer

Cara Mengatasi Getting Windows Ready Don’t Turn Off Your Computer

Sebagai seorang pekerja kantoran, tentunya tidak jauh dari penggunaan komputer sehari-hari. Bahkan sebagian besar pekerja, membutuhkan menggunakan komputer untuk menyelesaikan pekerjaannya.

Tentunya setiap komputer pasti sudah terpasang sistem operasi agar bisa membuka berbagai jenis aplikasi seperti word, excel, photoshop dan lainnya. Sistem operasi yang cukup terkenal dan paling banyak digunakan di dunia tak terkecuali di Indonesia adalah Windows.

Namun, sayangnya dibalik kepopulerannya Windows karena kemudahannya, pengguna sering mengeluhkan adanya situasi yang menyebabkan pengguna tidak dapat menggunakan komputer tersebut. Salah satu situasi yang sering dijumpai Windows adalah munculnya notifikasi dengan tulisan Getting Windows Ready Don’t Turn Off Your Computer.

Notifikasi tersebut biasanya muncul di awal saat menghidupkan komputer dan akan masuk ke dalam antarmuka Windows. Pesan ini banyak yang mengeluhkan, karena saat pesan tersebut muncul, pengguna tidak dapat menggunakan komputernya sampai pesan tersebut hilang.

Pada beberapa kasus, pesan tersebut akan berlangsung sesaat, namun sebagian pengguna lainnya merasakan proses tersebut membutuhkan waktu yang lama, bahkan hampir tidak pasti kapan selesainya.

Tentunya kondisi tersebut banyak membuat pengguna kesal, apalagi saat kita ingin menggunakan komputer untuk menyelesaikan pekerjaan kita dengan segera.

Karena itu mimin akan merangkum trik apa saja cara-cara mengatasi Getting Windows Ready Don’t Turn Off Your Computer.

Menunggu sampai Selesai

Terkadang notifikasi Getting Windows Ready Don’t Turn Off Your Computer muncul karena Windows melakukan update pada sistemnya, yang mana terkadang proses ini membutuhkan waktu relatif lama. Untuk itu, pada proses tersebut, Windows memberikan indikator persentase yang menunjukkan seberapa lama sampai proses update selesai.

Namun, terkadang angka persen tersebut berhenti pada angka tertentu tanpa pernah ada perubahan sama sekali. Tapi, jika setelah ditunggu lama, ternyata ada perubahan persentase meski kecil, kamu harus menunggunya lagi, agar tidak terjadi kesalahan pada sistem operasi Windows.

Matikan Laptop dengan Paksa

Salah satu cara mengatasi Getting Windows Ready Don’t Turn Off Your Computer adalah dengan mematikan komputer laptop secara paksa. Namun sebelum melakukan ini, kamu harus menunggu beberapa saat, karena pesan tersebut mengindikasikan Windows sedang menyiapkan sesuatu pada sistem operasi kamu.

Sehingga bisa jadi jika kamu mematikan laptop atau komputer secara paksa akan berakibat sistem operasi windows kamu rusak dan kamu tidak dapat masuk ke komputermu untuk menyelesaikan pekerjaanmu.

Dan selanjutnya kamu malah harus mengubungi tim IT untuk memperbaiki komputermu dan mengambil berkas pekerjaanmu untuk diselesaikan di kompuer atau laptop lain.

Untuk mematikan komputer secara paksa, kamu harus menunggu beberapa lama terlebih dahulu untuk memastikan bahwa pesan tersebut memang mengalami kendala atau tidak.

Cara Mematikan Laptop atau Komputer secara Paksa

Setelah menunggu sekira 30 menit dan kondisi komputer tetap tidak berubah, kamu bisa mematikan komputer secara paksa dengan cara sebagai berikut:

1. Tekan dan tahan tombol power di laptop atau komputer sekitar 10 sampai 15 detik.

2. Setelah itu CPU akan mati dengan indikator, monitor mati, suara harddisk dan kipas mati, disertai led indikator power juga mati.

3. Lepas kabel power

4. Lepas kabel LAN jika masih menggunakan LAN

5. Tunggu 15 menit sampai arus listrik di laptop atau komputer hilang.

6. Setelah 15 menit, sambungkan kembali kabel power dan coba nyalakan kembali.

Pada beberapa kasus, cara tersebut berhasil dan komputer bisa dipakai kembali.

Lakukan Startup Repair

Langkah lain untuk menyelesaikan kondisi Getting Windows Ready Don’t Turn Off Your Computer adalah dengan melakukan startup repair. Sebenarnya langkah ini termasuk mudah dilakukan, namun orang awam yang tidak terbiasa, biasanya menghindari melakukan sendiri dan memilih meminta orang yang lebih berpengalaman untuk melakukannya.

Namun kalau kamu merasa yakin bisa melakukannya sendiri, berikut mimin berikan tahapannya.

1. Langkah pertama kamu bisa masuk ke menu Advance Option > Startup Repair

2. Selanjutnya kamu harus menunggu, dimana Windows akan memproses sesuatu untuk beberapa lama.

3. Setelah selesai, biasanya Windows akan meminta konfirmasi untuk restart.

Seharusnya pada langkah ini, kamu sudah bisa memasuki Windowsmu dengan normal.

Kesimpulan

Setiap permasalahan yang terjadi di Sistem Operasi Windows seharusnya bisa diselesaikan sendiri.

Baca Juga:

0 comments:

Posting Komentar