Google Meet, Cara Membuat Room Meeting di HP

google meet, solusi membuat meeting online gratis

Jurnal-firman - Semenjak pandemi melanda dunia, aktifitas kantor menjadi terkendala. Masyarakat saling memproteksi diri untuk tidak saling bertemu satu dengan yang lain. Hal tersebut menjadi sesuatu yang sulit dilakukan khususnya para karyawan kantor yang harus berkoordinasi untuk mendiskusikan hal strategis untuk kepentingan perusahaan.

Maka muncullah suatu kebutuhan dan kebiasaan baru yaitu meeting secara online. Tentunya saat pandemi terjadi, tidak semua infrastruktur siap, sehingga saat itu banyak yang membutuhkan aplikasi meeting online gratis yang mana aplikasi zoom seketika populer untuk mendukung keperluan meeting tersebut.

Namun Google pun tak mau kalah memanfaatkan momen adanya kebutuhan aplikasi meeting selain zoom pada masa tersebut, sehingga diluncurkanlah Google Meet untuk menjawab tantangan itu.

Google Meet adalah sebuah tools yang memungkinkan setiap orang bisa melakukan pertemuan atau meeting meski tidak berada pada satu lokasi yang sama. Google Meet beroperasi menggunakan jalur internet yang bisa diakses di hp, tablet, laptop maupun komputer.

Sebagaimana saat teknologi baru hadir, cara menggunakan google meet di hp tidaklah langsung terbiasa. Butuh beberapa waktu untuk pengguna membiasakan diri dengan fitur-fitur yang dimiliki google meet.

Fitur yang ada di Google Meet

Google Meet Web

Google Meet memungkinkan kita untuk bisa terhubung menggunakan aplikasi tersebut melalui web, sehingga pengguna tidak perlu mempersiapkan alat khusus untuk melakukan pertemuan secara online.

Yang perlu dilakukan untuk menggunakan google meet web login menggunakan akun gmail yang sudah kita miliki. Atau jika belum memilikinya, pengguna bisa registrasi pengguna baru yang nantinya kita akan mendapatkan alamat gmail untuk selanjutnya digunakaan pada Google Meet.

Google Meet pakai HP

Jaman smartphone tentunya tidak mungkin google mengesampingkan perangkat ini untuk bisa juga digunakan keperluan meeting online. Karena itu Google Meet pakai HP bisa dilakukan oleh pengguna, dengan menggunakan GMail ataupun mengunduh google meet apk terlebih dahulu.

Google Meet Join Code

Setelah berhasil masuk ke Google Meet, maka kita bisa membuat ruangan virtual untuk memulai meeting. Dimana ruang virtual itu berupa google meet join code, yang selanjutnya code tersebut bisa dibagikan ke peserta meeting dalam bentuk link.

Membuat Google Meet Terjadwal

Terkadang meeting harus dijadwalkan jauh hari, sehingga pengguna harus mengatur waktu pertemuan dan membagikan code undangan jauh hari sebelum meeting diadakan. Google Meet memungkinkan pengguna untuk mengatur cara membuat jadwal google meet.

Jadwal meeting yang diatur, akan terintegrasi dengan Google Calendar. Sehingga kita bisa memastikan meletakkan jadwal pertemuan pada hari dan jam yang tidak berbenturan dengan jadwal lainnya yang sudah diatur di Google Calendar.

Google Meet Chat Box

Fitur chat box memungkinkan kita untuk menyampaikan pertanyaan tanpa harus menginterupsi presentasi dari peserta meeting yang sedang melakukan presentasi. Kita bisa menggunakan google meet chat box untuk kebutuhan chat tersebut.

Nantinya si presenter bisa menjawab sesuai urutan pertanyaan yang masuk, setelah materi yang disampaikan bisa dipotong oleh si presenter.

Cara Menambahkan Virtual Background di Google Meet

Salah satu fitur yang juga menarik adalah kita bisa menggunakan virtual background sebagai latar belakang kita. Saat meeting dimana kita sedang berada di lingkungan rumah, terkadang kita ingin agar visual rumah kita tidak terlihat dan mengganggu yang lain, maka kita bisa melakukan cara menambahkan virtual background di Google Meet. Kita bisa memilih background seperti apa yang akan tampil menggantikan background kita yang sebenarnya.

Download Google Meet apk

Jika kamu ingin memulai menggunakan google meet di hp, kamu bisa mendowloadnya di PlayStore maupun di AppStore. Atau bisa juga download cepat di >>> SINI <<<

Setelah diinstall, kamu bisa masuk menggunakan akun gmail kamu, kemudian membuat ruang meeting virtual. Atau kalau kamu adalah peserta rapat, kamu tinggal menunggu seseorang yang bertanggung jawab meeting untuk mengirimkan Google Meet Join Code.

Itulah cara membuat room meeting di HP dengan menggunakan Google Meet dan juga fitur-fitur unggulan yang dimilikinya.

Baca Juga:

0 comments:

Posting Komentar